Jumat, 15 April 2011

JANGAN MEMBEDA-BEDAKAN ORANG

Saat kita membuka suatu usaha, hal yang dibutuhkan paling awal adalah modal. Pada artikel ini saya hanya akan mengemukakan dua jenis modal yaitu, ide dan uang.
Ide adalah sesuatu yang keluar dari hasil angan-angan kita. Sedangkan uang adalah alat tukar seperti yang kita ketahiu. Kemudian barulah kita bias memulai usaha kita. Misalnya usaha yang akan kita buat adalah usaha rumah makan. Setelah semua berjalan dengan lancar tentu kita tidak bias berjalan sendiri tanpa bantuan orang lain untuk membantu kita. Orang ini adalah seperti yang telah kita kenal dengan sebutan karyawan.
Semakin waktu berjalan, semakin besar rumah makan kita, semakin banyak pula karyawan kita. Dengan berbagai sifat dan tipe yang berbeda mereka adalah karyawan kita. Orang yang telah membantu kita. Masalahnya adalah ada karyawan dengan sifat baik, adapula karyawan dengan sifat buruk. Bagaimana kita menyikapi hal tersebut.
Bila kita lihat karyawan yang mempunyai sifat baik tentu tidak akan ada masalah. Tapi bagaimana dengan yang mempunyai sifat buruk. Sebelum kita lanjutkan, kita harus ingat bahwa kebaikan / keburukan itu relative. Apalagi yang mengemukakan adalah manusia, tentu tidak bisa diyakini kebenarannya. Lihat saja wasit pada permainan sepak bola, terkadang mereak keliru dalam membuat keputusan. Jadi sumber kebenaran adalah Sang Pencipta, Allahu Robbi.
Kembali kepada karyawan tadi, kepada yang bersikap buruk pun kita harus melihat dengan sudut pandang seperti diatas. Belum tentu dia benar-benar buruk, mungkian ada kelebihan di balik keburukan tersebut. Kita tidak boleh berburuk sangka kepada orang lain, karena belum tentu bisa lebih baik dari mereka. Jadi intinya, bersikap adillah kepada semua orang, karena sesungguhnya kita semua lemah tanpa orang lain.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar